081321112060 admin@obatlemahsyahwatviagra.com
Bahaya Menahan Pipis Yang Sebaiknya Anda Ketahui

4 Bahaya Menahan Pipis yang Sebaiknya Anda Ketahui

Di tengah kesibukan aktivitas, sering kali kita secara sadar atau tak sadar menahan kencing, hingga dalam waktu yang lama. Entah karena kesibukan, alasan lain seperti toilet yang kotor dan berbau, juga membuat kebiasaan ini sering dilakukan.

Tapi tahukah Anda bahwa menahan kencing apa lagi dalam jangka waktu yang lama dapat berakibat buruk bagi kesehatan?

Buang air kecil menandakan sistem pencernaan Anda sehat dan normal. Sisa pencernaan yang telah disaring oleh tubuh akan dikeluarkan melalui urin. Jadi, jangan tahan pipis Anda ya. Nah, berikut ini beberapa bahaya dari menahan kencing terlalu lama yang sebaiknya Anda ketahui.

4 Bahaya Menahan Pipis

1. Menahan Pipis Berarti Menahan Keluarnya Kotoran dalam Tubuh

Anda menahan pipis sama saja menumpuk kotoran sisa pencernaan dalam tubuh. Kotoran yang menumpuk dalam tubuh terlalu lama akan membahayakan tubuh Anda. Kotoran tersebut mengandung banyak zat yang dapat membahayakan tubuh. Yang jika berlarut-larut dapat menimbulkan infeksi tertentu .

Tunaikan hajat buang air kecil secara tuntas. Lakukan sesegera mungkin ketika sudah mulai muncul tanda-tanda kebelet pipis. Jangan tahan kencing telalu lama.

2. Mempengaruhi Pencernaan

Proses pencernaan akan terganggu tatkala Anda menahan buang air kecil. Ketika proses pencernaan yang seharuanya telah selesai dengan terbuangnya kotorran melalui urin, malah akan mengganggu proses pencernaan ketika tidak Anda tuntaskan. Alhasil proses pencernaan berikutnya menjadi terhambat.

Tubuh akan bekerja lebih maksimal lagi karena hal tersebut. Organ pencernaan Anda menjadi lebih diforsir dalam bekerja.

3. Menimbulkan Berbagai Penyakit

Organ-organ dalam tubuh yang paling sering menerima dampak buruk dari menahan pipis adalah ginjal, kandung kemih, dan saluran kencing. Berikut ini beberapa penyakit yang akan muncul.

  • Batu Ginjal

Urin yang menumpuk pada ginjal lama kelamaan akan menggumpal dan mengeras. Penggumpalan dan pengerasan itulah yang disebut batu ginjal. Dalam urine terdapat kandungan kristal garam yang menyebabkan penggumpalan dan pengerasan tersebut.

Batu ginjal adalah sarana datangnya berbagai penyakit seperti rasa sakit saat kencing, infeksi, dan bahkan sulit untuk buang air.

  • Gagal Ginjal

Ginjal akan mengalami kerusakan apabila menyimpan urine dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang lama. Hal seperti ini biasa disebut dengan gagal ginjal. Jika ginjal Anda sudah terkena yang namanya gagal ginjal, ginjal akan kehilangan kemampuannya untuk menyaring kotoran sisa pencernaan akibatnya proses pencernaan terganggu.

  • Infeksi Saluran Kemih

Dalam urine terdapat banyak bakteri dan kotoran yang tidak baik untuk tubuh, oleh karena itu harus dikeluarkan. Menumpuknya urin dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih Anda.

Ada beberapa gejala yang Anda rasakan ketika terjadi infeksi kandung kemih seperti rasa nyeri pada perut bagian bawah, nyeri saat kencing, sering buang air kecil tapi hanya sedikit dan kadang disertai keluarnya darah.

  • Infeksi Saluran Kencing

Baketri dan kotoran juga akan menyebabkan infeksi pada saluran kencing. Gejala-gejala yang muncul sama halnya dengan infeksi pada kandung kemih.

Ketika tubuh mulai menunjukkan gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat pertolongan medis yang tepat dan kesehatan Anda dapat kembali pulih.

4. Anyang-Anyangan

Terakhir ini adalah kondisi yang disebabkan juga karena menahan pipis. Meskipun bukan termasuk penyakit yang mematikan tapi anyang-anyangan sangat mengganggu aktivitas. Bagaimana tidak, Anda akan merasa ingin kencing setiap saat tapi tidak bisa keluar dan terkadang juga timbul rasa nyeri.

Tapi jangan sepelekan anyang-anyangen, karena gejala satu ini jika terjadi berulang-ulang, bisa jadi menandakan Anda mengidap salah satu penyakit seperti contoh di atas.

Demikianlah diatas ulasan mengenai bahaya menahan pipis atau buang air kecil, berbahaya bukan? Jadi, mulai sekarang jangan ditahan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!